Ads

Tujuan mendasar Seseorang Menulis

Tujuan Menulis

Membuat Karya Ilmiah

Garis Utama Seseorang Menulis 


Ada tiga Garis utama yang mendasari tujuan seseorang dalam menulis, yuk, silakan simak tiga hal berikut ini.
1. Mempengaruhi 
Banyak orang Menulis dengan berbagai gaya. Salah satunya adalah gaya provokasi. Gaya ini sangat sering digunakan, terutama saat menuliskan suatu gagasan atau sebuah opini (berarti berbentuk tulisan nonfiksi). Tujuannya agar para pembaca terpengaruh dan selanjutnya mengikuti opini atau gagasan yang dikemukakan dalam tulisan tersebut.
Namun kenyataannya, banyak juga tulisan yang bertujuan untuk mempengaruhi Media massa itu ditulis dalam bentuk fiksi seperti puisi, lagu, cerpen, atau novel. Dalam bentuk-bentuk fiksi yang provokatif seperti itu, nampaknya khalayak ramai justru merasa tertarik untuk membaca, bahkan hingga menjiwai, tulisan tersebut.

2. mengabarkan 
mengabarkan tidak jauh artinya dari provokasi dan memberi tahu, hal ini bisa dikatakan merupakan tujuan pertengahan. Mengabarkan adalah bentuk tulisan yang biasanya memberikan data-data. Misalnya tulisan yang berupa berita, opini, jurnal, makalah, dan buku-buku ilmiah yang datanya serba valid dan terpercaya.

3. Mengungkapkan 
Untuk tujuan ketiga ini, dalam hal bentuk tulisannya sama dengan yang pertama. Akan tetapi, para penulis yang mengungkapkan perasaan atau apapun dari dalam pikiran dan hatinya ini tergolong pemula dan bukan orang terkenal. Menulisnya sembarangan dan seenaknya sendiri. Biasanya dikirim atau dipublikasikan dari alun-alun pribadi di social media, juga pada media-media pribadi.
Sementara itu, Hugo Hartig (Via Tarigan, 1986: 24-25)
merumuskan tujuan menulis sebagai berikut.
-Tujuan penugasan, sebenarnya tidak memiliki tujuan karena orang yang menulis melakukannya karena tugas yang diberikan kepadanya.
-Tujuan altruistik, penulis bertujuan untuk menyenangkan pembaca, ingin menolong pembaca memahami, menghargai perasaan dan penalarannya, ingin membuat hidup para pembaca lebih mudah dan lebih menyenangkan dengan karyanya itu.
-Tujuan persuasif, penulis bertujuan meyakinkan para pembaca akan kebenaran gagasan yang di uatarakannya.
-tujuan informasional, penulis bertujuan memberikan informasi atau keterangan kepada para pembaca.
-Tujuan penyataan diri, penulis bertujuan memperkenalkan atau menyatakan dirinya kepada pembaca.
-Tujuan kreatif, penulis bertujuan melibatkan dirinya dengan keinginan mencapai norma artistik, nilai-nilai kesenian.
-Tujuan pemecahan masalah, penulis bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
Begitulah. Pemahaman konsep menulis menjadi penting bagi kita karena dalam praktek keseharian memang terbukti bahwa keterampilan menulis amat diperlukan. Konon banyak membaca akan mempermudah kita menulis. Faktanya banyak orang terampil dalam membaca tetapi mengalami kesulitan dalam menulis.
Kesulitannya sebab merasa kekurangan ide atau bisa jadi idenya Sudah banyak tetapi (entah mengapa) tetap saja merasa kesulitan menulis.
Singkat kata, menulis itu penting. Sebagaimana telah banyak dikemukakan oleh para ahli terkait, fungsinya pun banyak. Salah seorang ahli, yaitu Bernard Percy, Secara rinci mengemukakan bahwa fungsi menulis adalah :
+ Sarana untuk mengungkapkan diri, yaitu untuk mengungkapkan perasaan hati seperti kegelisahan, keinginan untuk meluapkan amarah;
+ Menulis sebagai sarana pemahaman, artinya dengan menulis seseorang bisa mengikat kuat ilmu pengetahuan ( menancapkan pemahaman) kedalam otaknya;
+ Menulis dapat meningkatkan kesadaran dan penyerapan terhadap lingkungan, artinya orang yang menulis selalu dituntut untuk terus menerus belajar sehingga pengetahuannya menjadi luas:
+ menulis dapat meningkatkan keterlibatan secara bersemangat dan bukannya sekedar penerimaan yang pasrah, artinya dengan menulis seseorang akan menjadi peka terhadap apa yang tidak benar disekitarnya sehingga ia menjadi seseorang yang kreatif;
+ Menulis mampu mengembangkan suatu pemahaman dan kemampuan menggunakan bahasa, Artinya dengan menulis seseorang akan selalu berusaha memilih bentuk bahasa yang tepat dan menggunakan dengan t
Previous
Next Post »

Online