Bentuk-bentuk teknik penilaian
Bentuk-bentuk teknik
penilaian antara lain adalah.....
1. Tes tertulis
Tes tertulis adalah suatu teknik penilaian yang menuntut jawaban
secara tertulis, baik berupa pilihan atau isian. Tes yang jawabannya berupa
pilihan meliputi antara lain pilihan ganda, benar-salah, dan menjodohkan,
sedangkan tes yang jawabannya berupa isian berbentuk isian singkat atau uraian.
2. Observasi
Observasi atau pengamatan adalah teknik penilaian yang dilakukan dengan
menggunakan indera secara langsung. Observasi dilakukan dengan menggunakan
pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
3. Tes praktik
Tes praktik, juga biasa disebut tes kinerja, adalah teknik
penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan kemahirannya. Tes
praktik dapat berupa tes identifikasi, tes simulasi dan tes kinerja. Tes
identifikasi dilakukan untuk mengukur kemahiran mengidentifikasi sesuatu hal
berdasarkan fenomena yang ditangkap melalui alat indera, misalnya
mengindentifikasi adanya kesalahan bacaan Al-Quran (dalam Pendidikan Agama
Islam) yang diperdengarkan kepadanya. Tes simulasi digunakan untuk mengukur
kemahiran bersimulasi memperagakan suatu tindakan, misalnya praktik simulasi
memandikan mayat. Tes kinerja dipakai untuk mengukur kemahiran
mendemonstrasikan pekerjaan yang sesungguhnya, misalnya berupa kegiatan tes
untuk mengukur kemahiran membaca al-Qur’an.
4. Penugasan
Penugasan adalah suatu teknik penilaian yang menuntut peserta didik
melakukan kegiatan tertentu di luar kegiatan pembelajaran di kelas. Penugasan
dapat diberikan dalam bentuk individual atau kelompok. Penugasan dapat berupa
pekerjaan rumah atau proyek. Pekerjaan rumah adalah tugas menyelesaikan
soal-soal dan latihan yang dilakukan peserta didik di luar kegiatan kelas.
Proyek adalah suatu tugas yang melibatkan kegiatan perancangan, pelaksanaan,
dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu dan umumnya
menggunakan data lapangan.
5. Tes lisan
Tes lisan dilaksanakan melalui komunikasi langsung antara
peserta didik dengan penguji dan jawaban diberikan secara lisan. Tes jenis ini
memerlukan daftar pertanyaan dan pedoman penskoran.
6. Penilaian portofolio
Penilaian portofolio adalah penilaian yang dilakukan dengan cara
menilai portofolio peserta didik. Portofolio adalah kumpulan karya-karya
peserta didik dalam bidang tertentu yang diorganisasikan untuk mengetahui
minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun
waktu tertentu.
7. Jurnal
Jurnal merupakan catatan pendidik selama proses
pembelajaran yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan
kelemahan peserta didik yang berkait dengan kinerja ataupun sikap dan perilaku
peserta didik yang dipaparkan secara deskriptif.
8. Penilaian diri
Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara meminta
peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya, penguasaan
kompetensi yang ditargetkan, dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
9. Penilaian antarteman
Penilaian antarteman merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta
didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan, penguasaan kompetensi, dan
pengamalan ajaran agama yang dianut temannya
sumber: http://education-mantap.blogspot.com
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon