Ads

Tata Tertib Futsal

Tata Tertib Futsal SMEKDA COMPETITION


TATA TERTIB Futsal
A.      Peraturan Umum
1.       Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
2.     Peraturan permainan yang digunakan dalam pertandingan adalah peraturan futsal yang dikeluarkan FIFA tahun 2013 dan disesuaikan dengan kesepakatan panitia dan koordinator Futsal.
3.     Waktu dan tempat pertandingan digelar pada tanggal 5-10 November 2016 yang bertempat di Lapangan Fungsional Futsal  SMKN 2 Polewali
B             B.    Peraturan Tim
1.      Setiap tim yang berpartisipasi pada event ini dibatasi jumlah pemainnya. Pemain yang sah terdaftar  pada  Daftar  Susunan  Pemain  (DSP)  setiap  pertandingan  hanya  5  pemain  dan 1 pemain cadangan sekaligus sebagai Official. Jadi setiap tim terdiri dari 6 pemain.
2.      Setiap  tim  terdaftar sebagai siswa SMKN 2 Polewali.  Setiap pertandingan harus dimulai dengan masing-masing 5 (lima) pemain, jika kurang dari itu, maka pertandingan tidak akan bisa dilaksanakan.
                C.   Sanksi-Sanksi Dan Denda
1.       Setiap pemain yang mendapat kartu kuning, WAJIB membayar denda sebesar :  Rp 5.000,
2.       Setiap pemain yang mendapat kartu merah, WAJIB membayar denda sebesar :  Rp 10.000,
3.    Setiap  tim  yang  melakukan  segala  bentuk  kekerasan,  keributan,  perkelahian  di  lapangan bukan  tanggungjawab  dari  panitia  dan  akan  dikenai  sanksi  DISKUALIFIKASI
4.     Pemain yang terdaftar di timnya, yang tidak dapat dibuktikan dengan persyaratan yang telah  ditentukan sebelum event dimulai, pemain tersebut dinyatakan di DISKUALIFIKASI
5.   Pemain yang tidak terdaftar di timnya, yang tidak dapat dibuktikan dengan persyaratan yang telah  ditentukan  saat  atau  setelah  pertandingan  pertama  dilaksanakan,  dimana  pemain tersebut bermain maka dinyatakan di DISKUALIFIKASI
6.      Penghinaan,  perkelahian,  atau  pemukulan  wasit  dalam  suatu  pertandingan  atau  di  luar lapangan  akan  tetapi  berkaitan  dengan  pertandingan  yang  sedang  berlangsung,  jika melibatkan  satu  atau  dua  pemain,  maka  tim  tersebut  DIKELUARKAN  dari  sisa pertandingan.
                 D.   Larangan Bermain
1.   Pemain yang mendapatkan 2 kartu kuning dalam satu pertandingan yang sama atau berbeda, tidak diperkenankan untuk bermain pada pertandingan berikutnya sebanyak satu kali.
2.       Pemain  yang  mendapatkan  kartu  merah  langsung,  tidak  dapat  bermain  pada  pertandingan berikutnya sebanyak 2 kali.
E              E.  Sistem Pertandingan
1.       Kejuaraan ini akan menggunakan sistem grup dan point dengan ketentuan, Menang ( 3 Point ), seri (1 Point)
2.       Lama pertandingan pertandingan 2x10 menit dengan toleransi keterlambatan selama 5 menit dalam babak penyisihan.
3.       Pertandingan Final apabila dalam waktu tersebut diatas masih dalam kedudukan seri, maka pertandingan diteruskan dengan tendangan titik penalti  sebanyak tiga orang, apabila masih terjadi kedudukkan yang sama setelah tendangan penalti maka tendangan penalti ditambah 2 penendang  lagi.  Apabila  bila  skor  tetap  imbang  maka  dilakukan  dengan  undian  dengan ketentuan yang menang undian.
F               F.   Wasit 
1.       Pada  turnamen  ini  adalah  wasit  yang  berasal  dari  siswa yang ditentukan oleh panitia,  yang  mengikuti TM wasit.
2.       Keputusan wasit adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
                 G.   Peraturan Permainan
1.       Semua peraturan permainan pada turnamen ini adalah peraturan permainan pada umumnya, yang mengacu pada buku peraturan permainan FIFA, Laws of The Game 2012 dan kesepakatan panitia dan koordinator
2.       Pedoman dasar PSSI
3.       Peraturan organiasasi Badan Futsal Nasional (BFN)
                 H.  Peraturan Walk Out (WO)
1.     Batas  keterlambatan  suatu  tim  5  menit  dari  yang  sudah  dijadwalkan  oleh  panitia,  jika melebihi  batas  waktu  yang  telah  ditolerir  (tidak  ada  5  pemain  di  lapangan),  maka  tim tersebut akan dinyatakan WO, dan tim lawan akan diberikan kemenangan (3-0)
2.   Jika sebuah tim melakukan pemogokan saat bertanding karena alasan  tertentu, maka panitia akan  memberikan  waktu  5  menit  kepada  tim  yang  melakukan  pemogokan  tersebut,  jika melebihi waktu yang telah ditolelir, tim tersebut masih mogok bermain, maka akan di  WO, dan tim lawan akan diberikan kemenangan (3-0),
I.                      G.  Peraturan Tunda
              Apabila  terjadi  Force  Major  yang  disebabkan  oleh  alam  dan  lain-lain,  yang  di  luar  kuasa panitia, maka                    pertandingan akan ditunda dan jadwal tunda akan dikonfirmasikan beberapa saat kemudian.
J              H.  Aturan Protes
               Protes dilakukan melalui official (Cadangan) kemudian official menyampaikan protes ke panitia.
I               I.   Hal-Hal Lain
              Hal-hal  lain  yang  tidak  dicantumkan  pada  peraturan  pertandingan  ini,  semuanya  akan  diatur  oleh  Panitia             yang  berpedoman  dasar  pada  peraturan  permainan  dan  peraturan  pertandingan pada umumnya dan ditetapkan             oleh panitia penyelenggara dan koordinator.
Panitia Penyelenggara
Pendamping                                        Koordinator Futsal


Muhammad Jumadil                           Supriyono
Previous
Next Post »

Online